Post-Break Up Depression Bukan Lebay!!

 “Gue mau putus aja lahGue udah ada cewe baru

         Post-break up depression bukan melulu soal sedih karenaditinggal orang yang kita sayang dan depresi bukan merupakanindikator seberapa kuat atau lemahnya seorang perempuan.Tidak semua perempuan berani mengatakan atau mengakuibahwa ia pernah berada di fase ini

         Mereka merasa bahwa dirinya menyedihkan atau karenasering disebut lebay mereka jadi enggan mengatakan bahwa I hit my rock bottomPadahal itu hal yang normal lohjustru sikapdenial terhadap masalah yang kamu hadapi adalah cara yang buruk.

         Depresi pasca putus cinta biasanya dialami olehperempuan yang berpisah tidak secara baik baik contohnyakarena adanya perselingkuhanpasangan bosan atau hilang rasa, Jadi kita dipaksa untuk melepaskan. Pahamkan segala sesuatuyang dipaksa memang tidak akan baik hasilnya.

         Ketika perempuan mengakhiri hubungannya yang berlangsung cukup lama, perlu berminggu bahkan berbulanbulan untuk menyesuaikan rutinitas mereka kembali tanpapasangannya. Nahhh tapi fase ini tidak akan berlangsungselamanya kok jadi tenang aja ya. Yang paling penting adalahkalian harus sadar kalo kalian gak akan bisa ada dititik ini terusmenerus karena yang bisa menentukan diri kita akan maju ataumundur cuma diri kita.   

Ada beberapa faktor yang bisa memicu depresi setelah putus :

1. Putus karena selingkuh

         Setelah tau pasangannya selingkuhperempuancenderung bertanya apakah ada yang  kurang dari dirinyaApasih yang membuat si cowo pindah ke pasanganbarunya? Hal ini menimbulkan satu masalah mental yang sudah tidak asing di telingayaitu Insecure.

         Padahal yang sebenernya terjadi adalah mereka yang selingkuh itu karena merasa tidak cukup dengan apa yang mereka punyaKita gaperlu ngerasa kalo kita kurangkitagabisa jadi yang terbaik. Terbaik itu relative, berbeda tiaporang. Jadi kalo kita gak bisa jadi yang terbaik untuk satuorang, masih ada 7 miliar manusia di muka bumi.

 

2. Trust Issue

         Para perempuan pun mulai enggan untukmempercayai orang orang disekitarnya karena akibat dariseringnya pasangan dia berbohong. Yang terdengar familiar biasanya bohong tentang pergi kemanasama siapa bahkanjanji tidak akan meninggalkan hanya tipuan semataKenapa aku tahu? Kalian gaperlu tau ya kenapa aku tau hihihi

 

3. Merasa tidak pantas untuk semua orang

         Tidak dapat menerima siapapun untuk kurun waktutertentu karena masih beranggapan bahwa dirinya tidakberharga karena si perempuan sudah merasa melakukanyang terbaik dalam hubungannya tetapi tetap saja akhirnyaia ditinggalkan.

 

4. Trauma dalam membuka hati

         Ini adalah gabungan dari faktor kedua dengan ketiga.Susahnya menerima seseorang untuk masuk kedalamhidupnya kembali karena tidak ingin disakiti lagi.

         Dari semua dampak yang sudah aku sebutin tadi ada jugaloh hasil akhir dari sebuah proses mencari kebahagiaanPerempuan yang bisa melewati fase ini akan berhasil menjadiperempuan yang mandiri dan independent. Mereka tidak lagiakan menggantungkan kebahagiaan dirinya pada orang lain.

         Aku kasih tau deh hal hal yang aku lakuin dulu waktu akudi fase ini (sekitar tahun 2018)

•          Aku ngelakuin apa apa sendiri walaupun aku punyabanyak temen yang siap nemenin aku kemana-manaTujuannya adalah biar aku bisa menerima fakta bahwa akusekarang sendiri dan memahami bahwa people leave everyday, brace yourself.
•          Aku sibukin diri dengan banyak halEmang klisebanget ya kedengerannyatapi ini ngaruh banget loh guys. Motivasi ku dulu adalah aku pokoknya gimanapun caranyaharus lebih hebat dari orang yang pernah nyakitin aku
•          Aku dulu suka rekam suaraku sendiri setiap kali akubutuh ngeluapin masalahkuAku ngomongaku rekam di handphone kuAku sendiri kurang suka nyeritainmasalahku ke orang orang jadi ini bisa jadi alternatif buatmanusia manusia introvert.
•           Perlahan membuka hati untuk orang lain karena life must go on, guys. Ga perlu langsung namun perlahan tapipasti. Tapi jangan lupa disaring ya dan jangan pernahmengabaikan red-sign dari seseorangKalo kalian ngerasaga nyamantinggalinJangan mau jatuh di lubang yang sama.
•          Pasang post-it di cermin kamar tulisannya ‘YOUR FAMILY NEEDYOU TO BE ALIVE’ itu memotivasi akusetiap aku liat tulisan itu bahwa aku hidup bukan Cumauntuk satu orang. Prioritas aku adalah keluarga dan akantetap seperti itu.

         Jangan lupa ya bahwa fase ini normal. Setiap manusiamemiliki titik terendahnya masing masing. Yang perluditanamkan adalah fakta bahwa semua yang sudah berakhirpasti berakhir karena sebuah alasan begitu pula yang datang di masa depan. Banyak kalimat kalimat klise yang sudah biasa tapikalo kita denger atau bacanya pakai hati damage nya ga main main

         Untuk perempuan yang pernah mengalami ini bisa relate banget ya. Untuk perempuan kuat di luar sana God Bless You, girls!. Aku kasih tau ke kalian yang lagi baca ini dan lagisurvive di teen crisis ini I’ve been there done that sistakupernah ada di posisi kalian saat ini.

         Aku mau kalian semua gak nyerah yapercaya yang namanya badai cumulonimbus sekali pun akan bergantinikmatin aja dulu proses pencarian bahagiamumau denganorang lain atau diri sendiri itu sah sah aja kok. Yang pentingjangan menggantungkan kebahagiaanmu pada seseorang.

Based on true story xixixi.

Comments